Cara Agar Komputer Tidak Mudah Terkena Virus

Cara Agar Komputer Tidak Terkena Virus - Bukan hanya dalam kesehatan virus berada. Dalam komputer pun tetap ada virus yang juga dapat menyebabkan komputer tidak sehat. Jadi memang yang namanya virus selalu berbahaya dalam objek apapun.

cara agar komputer tidak mudah terkena virus
Tips Komputer Terhindar Dari Virus
Semakin pesatnya perkembangan teknologi khususnya komputer memang menjadi trend tersendiri bagi pengguna teknologi tersebut. Tapi di sisi lain, perkembangan biakan virus komputer juga semakin pesat. Jadi perkembangan komputer dan software-software komputer juga mempengaruhi perkembangan virus.

Virus memang mudah menyebar di komputer melalui software-software, flashdisk, dan yang lainnya. Jadi kita memang harus berhati-hati dalam hal download-mendownload software di Internet.

Tips Agar Komputer Tidak Terkena Virus

Beberapa cara ini memang bisa menanggulangi menyebarnya virus dalam komputer kita, tapi anda harus ingat, tidak selamanya cara-cara bisa sukses 100%, mungkin juga masih tersisa virus yang bersarang dalam komputer. Tapi bagaimanapun, masih tetap bisa dibasmi.

1. Gunakan Anti Virus.

Install Anti Virus untuk mendeteksi adanya virus, tapi ada juga Anti Virus yang bukan saja mendeteksi, namun bisa juga membasmi virus. Anti Virus bisa diibaratkan pelindung komputer, serta softwarenya. Jadi usahakan menginstal satu saja dari sekian banyak softwarenya. Kalau bisa yang berbayar agar lebih maknyus, tapi yang gratisan juga tidak kalah saing kok. Intinya, install saja lah.

2. Install Deep Freeze.

Deep Freeze berfungsi untuk membekukan, jelas artinya dari kata Freeze. Maksud membekukan adalah menetapkan hard disk pada isi semula walaupun saat digunakan sudah diisi banyak file. Hard disk akan kembali seperti semula saat komputer direstart. Tapi saya sarankan, bagi yang menggunakan komputer pribadi, tidak usah memakai Deep Freeze, karena sama saja kan saat kita mengisikan file-file yang penting tapi saat direstart atau dimatikan, file tersebut sudah hilang, sayang kan.
Namun kalau di warnet, akan sangat baik menggunakan Deep Freeze untuk antisipasi kerusakan sistem operasi ketika komputer sudah digunakan oleh banyak user.

3. Hati-Hati Dengan Flashdisk Atau Memori Lainnya.

Flashdisk ini sangat rentan menghantarkan virus dari komputer satu dengan yang lainnya. Namun jika Flashdisk itu hanya digunakan oleh satu user dan satu komputer, menurut saya aman-aman saja. Tapi kebanyakan, Memori semacam itu sering digunakan oleh banyak user. Misalkan saja saat mempunyai tugas dari sekolah, kan sering dipinjam teman sekelas untuk sekedar copy tugas tersebut kedalam Flashdisk ataupun Komputer mereka. Bisa saja saat proses copy file, ada virus yang tidak sengaja berada dalam Flashdisk teman kita, kan sangat mudah untuk merayapi Flashdisk milik kita. Nah saat itulah, kemudian kita memasukkan flashdisk yang sudah tertukar virus tersebut ke daplam komputer. Lha dala, lama-kelamaan virus tersebut malah bersarang di dalam komputer kita deh.
Usahakan gunakan flashdisk yang berkualitas.

Nah itulah sedikit cara untuk mengantisipasi adanya virus dalam komputer.
Pada intinya, kita hanya harus berhati-hati dalam melakukan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan komputer, termasuk gangguan virus ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Agar Komputer Tidak Mudah Terkena Virus"

Post a Comment

Silahkan berikan pendapatmu untuk artikel diatas.
Berkomentarlah!