Syarat-Syarat Menjadi Imam Sholat Berjamaah

Syarat Wajib Menjadi Imam Sholat Berjamaah - Sholat menjadi tiang agama bagi umat Islam yang sebenar-benarnya. Karena, adapun orang yang mengaku Islam tanpa pembuktian kepada Allah SWT namun hanya Islam KTP, yaitu tidak pernah menjalankan perintah dari Allah termasuk Sholat, tetapi malah mendekati kemaksiatan.
Karena memang, jika orang sudah jauh dari Allah, maka Allah malah akan menambah kenikmatan kepada orang tersebut, nah setelah mereka puas akan nikmat itu, lalu Allah akan kembali mengambil apa yang pernah ia nikmati. Namun nikmat ini sangatlah berbeda, karena nikmat ini akan membuat si orang tersebut semakin mendekati maksiat yang luar biasa.

Sebagai imam sholat, haruslah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan dalam Agama Islam. Karena sebagai imam, bukanlah hal yang mudah. Kekhusukan ma'mum tergantung pada imam salah satunya. Jadi jangan sembarangan dalam menunjuk imam sholat atau mengajukan diri untuk menjadi imam. Ok.
Imam sangatlah wajib membenahi Shaf (barisan) sehingga menghasilkan shaf yang rapi dan rapat. Kelihatannya mudah, namun kenyataannya sangatlah sulit teman. Banyak kan, ma'mun yang tidak rapi dan rapat shafnya. Hati-hati saat sholat berjamaah, usahakan rapi dan rapat dalam membuat shaf, walaupun Imam tidak memerintah.
Syarat Menjadi Imam Sholat Berjamaah
Syarat-Syarat Menjadi Imam

  1. Islam (Pasti)
  2. Berakal Sehat.
  3. Baligh (Dewasa)
  4. Laki-laki.
  5. Suci dari hadas.
  6. Banyak hafalan surat-surat Al-Quran.
  7. Bukan Ma'mum
  8. Sehat. (Tidak sakit)
  9. Fasih membaca Al-Qur'an.
Nah, itulah penjelasan mengenai Syarat-Syarat Menjadi Imam Sholat. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan teman-teman semuanya.
Amin.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Syarat-Syarat Menjadi Imam Sholat Berjamaah"

Post a Comment

Silahkan berikan pendapatmu untuk artikel diatas.
Berkomentarlah!