Hukum Bacaan Idgham Bighunnah dan Contohnya

Hukum Bacaan Idgham Bighunnah dan Contoh - Masih membahas mengenai ilmu tajwid nun sukun atau tanwin. Tapi kali ini kita tidak akan membahas izhar, yang akan kita bahas adalah Hukum Bacaan Idgham Bighunnah.
Hukum Bacaan Idgham Bighunnah dan Contoh

Hukum Bacaan Idgham Bighunnah

Idgham berarti memasukkan, sedangkan bilaghunnah berarti dengan berdengung. Jadi, Idgham Bighunnah berarti memasukkan dengan cara berdengung, beda dengan izhar yang cara membacanya jelas. 

Lalu, kapan kita menemukan bacaan idgham bighunnah?
Disebut Idgham Bilaghunnah apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf idgham bighunnah maka dibaca dengan berdengung.
Huruf idgham bighunnah berjumlah 4 yaitu:

Huruf Bacaan Idgham Bighunnah
Jadi, apabila menemukan nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf diatas maka harus dibaca dengan berdengung ya, sesuai dengan namanya.

Contoh Bacaan Idgham Bighunnah

Contoh Bacaan Idgham Bighunnah
Dari contoh diatas sudah jelas kan ya. Ada nun sukun bertemu dengan huruf idgham bighunnah yaitu mim, wau, dan ya'. Bukan hanya nun sukun saja ya, tapi harakan tanwin juga.

Sebenarnya, saat ini dalam Al-Qur'an sudah dipermudah dengan adanya harakat tasydid jadi akan lebih terhindar dari kesalahan meskipun belum terlalu mengetahui bacaan idgham bighunnah ini. Namun alangkah baiknya juga tetap mempelajarinya meskipun sudah dipermudah dengan adanya tasydid.

Nah, itulah Hukum Bacaan Idgham Bighunnah dan Contohnya. Semoga dapat menambah ilmu dan bisa menghindarkan kesalahan kita saat membaca Al-Qur'an.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hukum Bacaan Idgham Bighunnah dan Contohnya"

Post a Comment

Silahkan berikan pendapatmu untuk artikel diatas.
Berkomentarlah!