Hukum Bacaan Izhar Halqi dan Contohnya

Hukum Bacaan Izhar Halqi dan Contoh - Izhar halqi merupakan salah satu hukum bacaan nun mati (sukun) dan tanwin. Masih banyak hukum bacaan nun mati dan tanwin dalam ilmu tajwid, namun pada kesempatan kali ini yang akan dibahas adalah Hukum Bacaan Izhar Halqi.
Hukum Bacaan Izhar Halqi dan Contoh

Hukum Bacaan Izhar Halqi

Hukum bacaan Izhar Halqi adalah tegas dan jelas. Jadi saat menemukan bacaan Izhar Halqi dalam Al-Qur'an, kita tidak boleh membacanya dengan berdengung ataupun samar-samar. Kita diharuskan membaca dengan jelas. Kenapa harus jelas? Ya, harus jelas karena Izhar sendiri berarti menjelaskan (jelas).

Lalu, kapan kita menemukan bacaan izhar halqi?
Apa bila ada nun mati (sukun) atau tanwin bertemu huruf izhar halqi maka dibaca jelas.
Berikut huruf-huruf izhar halqi:

Huruf Izhar Halqi

Jadi, apabila kita menemukan ada nun sukun atau tanwin bertemu salah satu huruf diatas, maka harus dibaca jelas ya.

Contoh Bacaan Izhar Halqi

Dari contoh diatas, terdapat Hukum Bacaan Izhar Halqi karena ada nun sukun bertemu dengan huruf Hamzah (Alif), ha', dan 'Ain. Ketika kita menemukan bacaan seperti contoh diatas, maka kita wajib membacanya dengan jelas.

Kalau untuk yang ini, hukum bacaannya tetap sama Izhar Halqi. Namun harakat yang digunakan adalah tanwin. Bisa dilihat ada mim tanwin bertemu dengan 'ain, dan dal tanwin bertemu dengan ghain. Jadi cara membacanya tetap sama yaitu jelas.

Nah, itulah Hukum Bacaan Izhar Halqi Beserta Contohnya. Mudah-mudahan bisa dipahami dan dimengerti oleh kita semua agar saat menemui bacaan tersebut tidak lagi salah dalam membaca.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Hukum Bacaan Izhar Halqi dan Contohnya"

  1. sering lupa gan beginian :'v , thanks info nya gan

    ReplyDelete
  2. jangan sampai lupa gan ,, oke sip

    ReplyDelete

Silahkan berikan pendapatmu untuk artikel diatas.
Berkomentarlah!