Macam-Macam Rukun Iman dan Penjelasannya

Pengertian dan Macam-Macam Rukun Iman -  Sebagai umat islam, sudah seharusnya kita mengetahui dan memahami apa itu Rukun Iman. Nah, apabila belum sepenuhnya memahami, bisa simak artikel ini sampai akhir. Insha Allah, kita semua bisa memahami Rukun Iman.
Pengertian dan Macam-Macam Rukun Iman

Pengertian Rukun Iman

"Rukun" dalam Rukun Iman diartikan sebagai landasan atau dasar. Jadi, rukun adalah landasan utama untuk beragama. Kita harus mempercayai semua Rukun Iman yang ada, tidak bisa hanya mempercayai satu saja. Karena ke-6 rukun iman saling berkaitan, dan tidak bisa dipisah-pisah. Maka kita harus dan wajib mempercayai ke-6 rukun iman tersebut.

"Iman" menurut bahasa, iman berarti membenarkan. Sedangkan menurut istilah berarti keyakinan kuat dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan dilakukan dengan perbuatan.

Jari, Rukun Iman adalah landasan/dasar yang harus diyakini di oleh semua umat islam, baik dengan hati, perkataan, maupun perbuatan.

Macam-Macam Rukun Iman ada 6:

  1. Iman kepada Allah.
  2. Iman kepada Malaikat Allah.
  3. Iman kepada Kitab Allah.
  4. Iman kepada Rasul Allah.
  5. Iman kepada Hari Kiamat.
  6. Iman kepada Qada dan Qadar.
Dari ke-6 rukun iman diatas, mari kita ulas satu per satu secara rinci dan mudah dipahami.

1. Iman Kepada Allah

Iman kepada Allah berarti kita sebagai umat islam wajib meyakini akan adanya Allah SWT sebagai sang pencipta alam semesta dan seisinya serta wajib meyakini bahwa tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah

"Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh pada agamanya (Islam) niscaya Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat yang besar dari-Nya (Surga) dan limpahan karunia-Nya serta menunjuki mereka pada jalan yang lurus untuk menuju pada-Nya" (QS. An-Nisa : 175)

Dari arti dari ayat diatas bisa disimpulkan bahwa jika kita benar-benar beriman kepada Allah dalam artian melakukannya dengan ikhlas, niscaya akan datang banyak rahmat, serta karunia-Nya. Dan yang paling penting adalah jalan menuju Surga-Nya.

2. Iman Kepada Malaikat Allah

Iman kepada Malaikat berarti kita meyakini sepenuh hati bahwa Allah telah menciptakan Malaikat dari Nur(cahaya) sebagai makhluk ghaib yang diutus untuk melaksanakan segala perintahnya. Malaikat tidak pernah menolak apa yang diperintah oleh Allah, karena malaikat adalah makhluk yang mulia.

3. Iman Kepada Kitab Allah

Iman kepada Kitab Allah berarti meyakini sepenuh hati bahwa Allah telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepada Rasul-Nya secara ber angsur-angsur sebagai petunjuk dan pedoman hidup. 

4. Iman Kepada Rasul Allah

Iman kepada Rasul Allah berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Rasul adalah orang-orang pilihan Allah SWT yang menerima wahyu Allah dan diutus untuk menyampaikannya kepada seluruh umat Islam.

5. Iman Kepada Hari Kiamat

Iman kepada hari kiamat berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa hari akhir (kiamat) pasti akan datang, dunia dan seisinya akan hancur lebur pada saat itu. Dan kita juga harus meyakini bahwa akan ada kehidupan yang kekal abadi setelah kehidupan di dunia.

6. Iman Kepada Qada dan Qadar

Iman kepada Qadda dan Qadar berarti meyakini dengan sepenuh hati akan adanya ketentuan Allah SWT yang berlaku bagi seluruh makhluk hidup. Semua itu menjadi bukti kebesaran dan kekuasaan Allah. Dan semua yang terjadi telah ditetapkan oleh Allah.

Nah, itulah penjelasan mengenai Ke-6 Macam Rukun Iman dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat bagi semua umat Islam yang membaca.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Rukun Iman dan Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berikan pendapatmu untuk artikel diatas.
Berkomentarlah!