Pengertian Ilmu Tajwid dan Manfaat Utamanya

Pengertian Ilmu Tajwid dan Manfaatnya - Mempelajari dan menelusuri Ilmu Agama memang tidak akan ada ujungnya. Walaupun kita sudah menguasai berbagai ilmu, namun tetap masih saja ada ilmu lain yang belum tentu kita kuasai. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang Ilmu Tajwid. Walaupun saya tahu, sudah banyak yang mengetahui ilmu ini. Tapi tidak ada salahnya saya ulas, siapa tahu masih ada teman se-umat yang belum begitu paham akan ilmu ini.

Pengertian Ilmu Tajwid dan Manfaatnya

Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk rutin membaca Al-Qur'an. Pahala yang didapat saat membaca 1 huruf saja akan mendapat 1 kebaikan, dan 1 kebaikan itu akan dibalas 10 kali lipatnya. Seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW "Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur'an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas 10 kali lipatnya" (HR. At-Tirmidzi). Maka sungguh sangat beruntung umat Islam yang rajin dan rutin membaca Al-Qur'an. Ditambah lagi bila membaca nya memakai tajwid. 

Maka dari itu, kita perlu dan harus memahami Tajwid. Mari kita bahas secara rinci dan mudah dipahami.

Pengertian Ilmu Tajwid

Ilmu Tajwid, secara bahasa berarti melakukan sesuatu dengan elok dan indah, atau bagus dan membaguskan. Sedangkan menurut istilah, Tajwid memiliki arti mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Jadi, ilmu tajwid merupakan ilmu yang mempelajari tata cara dalam membaca dan mengucapkan huruf-huruf atau ayat suci Al-Qur'an.

Pengertian lain dari tajwid adalah, menyampaikan tiap-tiap ayat suci Al-Qur'an dengan sebaik-baiknya dan benar. Hukum mempelajari Ilmu Tajwid adalah Fardhu Kifayah, namun mengamalkan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur'an adalah Fardhu 'Ain untuk umat Islam baik laki-laki maupun perempuan yang sudah dewasa atau baligh.

Adapun Dalil mengenai Ilmu Tajwid diantaranya:
  • Allah berfirman dalam Qur'an Surah Al-Muzzammil ayat 73 yang artinya "Dan bacalah Al-Qur'an dengan tartil." Dari dalil diatas, bisa kita simpulkan bahwa membaca Al-Qur'an dengan tartil memerlukan tajwid agar bacaannya bisa indah, baik dan benar. Tartil adalah membaca dengan perlahan/tidak tergesa-gesa. Karena jika membaca Al-Qur'an dengan tergesa-gesa pasti tidak memperhatikan tajwid.
  • Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah, ketika ia ditanya tentang bagaimana bacaan dan sholat Rasulullah, dia menjawab "Ketahuilah bahwa Rasulullah sholat kemudian tidur yang lamanya sama seperti lama beliau sholat tadi, kemudian Rasulullah sholat yang lamanya sama seperti lama beliau tidur tadi, kemudian tidur lagi yang lamanya sama seperti lama beliau sholat tadi, hingga menjelang subuh. Kemudian dia (Ummu Salamah) mencontohkan cara bacaan Rasulullah dengan menunjukkan (satu) bacaan yang menjelaskan (ucapan) huruf-hurufnya satu per satu. (Hadits 2847 Jamik At-Tirmidzi)
  • Yang ketiga adalah Dalil Ijma para Ulama. Para Ulama dari zaman Rasulullah sampai zaman sekarang telah sepakat bahwa membaca Al-Qur'an dengan tajwid hukumnya Fardhu "Ain.

Manfaat Mempelajari Tajwid

Sudah jelas bahwa mempelajari ilmu tajwid sangatlah bermanfaat. Manfaat Utamanya adalah agar kita terhindar dari kesalahan saat membaca Al-Qur'an. Ketika kita telah paham akan ilmu tajwid dan mau mengamalkannya, kemungkinan besar kita akan terhindar dari kesalahan bacaan/kesalahan dalam membaca. Dan ketika kita belum paham ilmu tajwid, maka kemungkinan akan ada kesalahan dalam membaca Al-Qur'an.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Ilmu Tajwid dan Manfaat Utamanya"

Post a Comment

Silahkan berikan pendapatmu untuk artikel diatas.
Berkomentarlah!