Pengertian Iman Kepada Allah dan Hikmahnya

Pengertian dan Hikmah Iman Kepada Allah - Sebagai umat islam, sudah menjadi kewajiban kita untuk beriman kepada Allah. Namun, apakah pengertian atau penjelasan mengenai iman kepada Allah itu? dan sudahkah kita beriman kepada Allah? mari kita introspeksi diri masing-masing, dan tingkatkan keimanan kita kepada Allah.
Pengertian dan Hikmah Iman Kepada Allah

Pengertian Iman Kepada Allah

Allah adalah satu-satunya dzat yang berhak disembah oleh seluruh makhluk, tiada selain Allah yang patut disembah. Allah yang Maha Pencipta telah menciptakan seluruh alam semesta dan seisinya, itu merupakan salah satu kebesaran Allah SWT.

Iman kepada Allah merupakan rukun iman yang pertama. Iman Kepada Allah adalah mempercayai dan meyakini dengan penuh keyakinan sepenuh hati akan adanya Allah yang ditunjukkan dengan ucapan, dan diamalkan dengan perbuatan.

Beriman kepada Allah merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Jika kita memang beriman kepada Allah, maka yakini dengan sepenuh hati akan adanya Allah, mengikrarkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan amal perbuatan. Seseorang dapat dikatakan beriman apabila memenuhi semua unsur tersebut. Jika seseorang mengakui adanya Allah, tetapi tidak mengikrarkan dengan lisan, dan melakukan dengan amal perbuatan, maka orang tersebut belum dapat dikatakan sebagai orang yang beriman dengan sempurna. Karena kesempurnaan iman harus didasari dengan ketiga unsur tersebut.

"Adapun orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh pada agamanya (Islam) niscaya Allah akan memasukkan mereka kedalam rahmat yang besar darinya (Surga) dan limpahan karunia-Nya serta menunjuki mereka pada jalan yang lurus untuk menuju pada-Nya" (QS. An-Nisa: 175)

Dari arti ayat diatas dapat disimpulkan bahwa jika kita beriman kepada Allah dengan ketiga unsur tadi, niscaya kita akan diberi limpahan rahmat dan ditunjuki jalan untuk menuju pada-Nya.

"Wahai orang-orang yang beriman. tetaplah beriman kepada Allah dan Rasulnya (Allah) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa ingkar kepada Allah, Malaikat-Nya, Kitab-Nya, Rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh orang itu telah tersesat sangat jauh" (QS. An-Nisa: 136)

Dari arti ayat diatas dapat pula disimpulkan bila kita ingkar, maka kita akan mendapat kesesatan yang sangat jauh. Maka, jangan pernah ingkar dan berimanlah kepada Allah niscaya Allah akan menunjuku jalan yang lurus untuk menuju pada-Nya seperti yang dijelaskan pada Surah An-Nisa ayat 175 tadi.

Hikmah Beriman Kepada Allah

Sebelumnya mari kita ulas mengenai Sifat-Sifat yang dimiliki Allah, diantaranya:
  • Sifat Wajib, yaitu sifat-sifat yang pasti dimiliki oleh Allah SWT.
  • Sifat Mustahil, kebalikan dari sifat wajib, yaitu sifat-sifat yang mustahil atau tidak mungkin dimiliki oleh Allah.
  • Sifat Jaiz, yaitu sifat yang mungkin bagi Allah untuk berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuai dengan kehendak-Nya.
Ada banyak sekali hikmah Berimah Kepada Allah, dan beberapa diantaranya:
  1. Meningkatkan rasa syukur kepada Allah.
  2. Selalu menjalankan perintah-Nya.
  3. Selalu menjauhi larangan-Nya.
  4. Meyakini kebesaran Allah.
  5. Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah.
  6. Hatinya tenang.
  7. Mendapat pahala.
  8. Dijauhkan dari penyakit hati.
Nah, itulah pembahasan tentang Pengertian beriman Kepada Allah dan Hikmah-Hikmahnya. Semoga dapat menjadi ilmu bagi kita semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Iman Kepada Allah dan Hikmahnya"

Post a Comment

Silahkan berikan pendapatmu untuk artikel diatas.
Berkomentarlah!