7 Tips hidup bahagia di dunia dan di akhirat

7 Tips hidup bahagia di dunia dan di akhirat

Hidup adalah pilihan, pilih yang membuat kamu benar. itu adalah kata - kata pendek yang menurutku sederhana namun banyak makna yang terkandung didalamnya. Hidup itu ada dua tujuan, salah dan benar. Hidup itu ada aturannya , semua hal itu pasti ada peraturanya. Itu semua tergantung diri kita pemikiran kita sendiri.

Namun saya punya beberapa tips agar hidup kita selalau bahagia didunia ataupun akhirat nanti. Tips ini bisa sobat aplikasikan atau terapkan dalam kehidupan kita sehari - hari.

1. Perbanyak Bersukur
    
    Syukuri apa yang kita punya, syukuri apa yang kita miliki, selalu lihat kebawah jangan terlalu sering lihat keatas, artinya apa? kita lihat kebawah, banyak orang yang ingin hidup seperti kita, banyak orang yang punya motor tapi ingin punya mobil, punya sepeda tapi ingin punya motor . 

Hidup gak akan ada habisnya , hidup akan terus mengikuti teknologi dan hidup gak akan ada ujungnya jika kita tak selalu bersyukur. Bersyukur kita masih punya motor, coba orang - orang dibawah kita masih punya sepeda, bersyukur masih punya sepeda, coba lihat orang dibawah kita, dia tidak punya kendaraan sama sekali, bersyukur kita tidak punya kendaraan tapi kita masih di beri kesehatan. Syukuri apa yang kita miliki apa yang kita punya. InsyaAllah selalu bahagia hidup kita. Bersyukur itu bisa dengan Sholat , berbuat baik terhadap saudara , berbuat baik terhadap oranglain.

2. Selalu berfikir positif 

    Berfikir positif juga membuat hidup kita bahagia loh, saya ambil contoh begini, anda ada panggilan kerja dari pabrik dan besok harus interview , otomatis sikap dan pikiran kita akan fokus ke interview itu dong, nah jika kita terlalu berfikir negatif  ' haduh gimana yang besok keterima apa enggak yah ' otomatis dengan berfikir negatif seperti itu waktu kita akan terbuang sia - sia karna habis terbuang karna berfikiran negatif tadi. Tapi jika kita selalu berfikir positif , tenang, berdoa, insyaAllah interview kita dilancarkan dan kita juga yakin dengan diri kita sendiri, kuncinya apa ? ya itu tadi selalu berfikir positif.

3. Selalu berbagi 

    Tips hidup sehat selanjutnya yaitu selalu berbagi terhadap oranglain, memberi sesuatu kepada oranglain tidak harus banyak intinya ikhlas bahwa kita memberi tanpa ingin diberi , paham maksudnya ? Jadi jika kita ingin memberi sesuatu kepada oranglain jangan lihat besar atau kecilnya harga barang tersebut, tapi lihat seberapa ikhlasnya kita memberikan barang tersebut.

Tidak harus barang juga loh memberi itu, bisa berbentuk uang, jasa , atau senyum pun itu termasuk memberi , karna menurutku seseorang yang tersenyum kepada kita adalah ibadah. Jadi perbanyaklah memberi kepada orang lain .

4. Istirahat yang cukup

    Istirahatlah yang cukup agar esok hari kalian semangat lagi dalam beraktivitas, jangan pernah bergadang jika tidak ada hal yang sangat penting . Tidurlah sebelum jam 10 malem , karna menurut dokter tidur yang baik itu cukup delapan jam . Ubahlah pola hidup kita , dari mulai mengatur waktu, pola makan, bekerja , dan beristirahat yang cukup.

5. Perbanyak Tertawa

    Menurutku ini yang sangat sulit, tertawa ? bagiku tertawa hal yang sangat sulit , karna apa ? saya hidup lebih senang menyendiri, tidak suka dengan keramaian, tidak suka dengan hal yang berbau ke kini - kinian ,, seperti nongkrong, merokok bareng bersama teman. Tapi sebisa mungkin aku harus bisa tertawa, menurut dokter tertawa bisa membunuh zat -zat kotor dalam wajah,, memperkecil kerutan diwajah . Jadi usahain sering tertawa ya kawan .

6. Bangun lebih pagi

    Tips ke enam ini kebanyakan tidak prenah dilakukan khususnya kaula muda, kaula muda lebih sering menghabiskan waktu malamnya dibanding waktu pagi. Padahal kata dokter bergadang itu contoh hidup yang tidak sehat. Jadi bagi kalian yang sering bergadang, tinggalkan. Usahakan tidur lebih awal, maksimal jam 10 malem udah tidur. Bangun pagi itu sehat kawan , apalagi dibarengi sholat 2 raka;at sebelum subuh. Menurut hadis sholat 2 rakaat sebelum subuh sama saja pahalanya itu se isi dunia. Tak terbayang hihi.

7. Rutin Berolahraga

    Sebagian orang menganggap olahraga itu tidak terlalu penting bagi orang yang lagi fokus kerja atau kuliah. Sebisa mungkin usahain olahrga kawan, minimal 2 kali dalam seminggu. Untuk kesehatan kita juga agar badan tidak mudah lelah, berolah raga juga bisa membuat umur kita panjang kawan hehe. 

Tips diatas menurutku udah cukup untuk membuat hidup kita bahagia di dunia maupun di akhirat. Terapkan mulai sekarang, ubah semua pola hidup kita. InsyaAllah jika kita mengikuti tips diatas selalu bahagia. Amiin 

Jika ada yang mau menambahkan silakan berkomentar dengan sopan yah  :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Tips hidup bahagia di dunia dan di akhirat "

Post a Comment

Silahkan berikan pendapatmu untuk artikel diatas.
Berkomentarlah!